Solusi TI IBM untuk Pemerintah Indonesia

Jakarta, 27 Juli 2008 – IBM hari ini melanjutkan komitmennya terhadap sektor pemerintahan di Indonesia dengan memperkenalkan solusi-solusi IBM yang inovatif, terintegrasi dan terjangkau untuk instansi pemerintahan. Acara bertema IBM Government Solutions Day ini diselenggarakan di hotel Intercontinental Jakarta pada kamis 24 Juli 2008 lalu. Dalam acara tersebut IBM mengajak pemerintah Indonesia untuk terus meningkatkan pelayanan publik. Oleh karena itu, IBM berusaha membuat solusi-solusi TI untuk kebutuhan pelayanan tersebut. Melalui inisiatif-inisiatif seperti ini, IBM menunjukkan komitmennya untuk memberikan arahan dan meningkatkan cara kerja pemerintah di dalam menyediakan layanan yang terbaik bagi masyarakat.


Dalam acara tersebut berbagai solusi TI turut diperkenalkan kepada para undangan dan mitra IBM yang hadir. Solusi-solusi TI untuk pemerintahan dari IBM akan diusahakan akan membantu meningkatkan efisiensi operasional di kantor-kantor pemerintah, misalnya membuat layanan mereka menjadi online , menciptakan portal-portal yang mudah diakses dan mengefisiensikan sistem operasi yang sudah ada. "Pemerintahan di seluruh dunia semakin menyadari perlunya memiliki layanan online, baik untuk dunia usaha maupun masyarakat.” tutur Ruhryanto Nugroho, Government Sector Manager, IBM Indonesia.

Bersama dengan IBM Business Partner (BP), IBM telah mengembangkan solusi-solusi TI khusus untuk pemerintahan dengan menggunakan platform IBM System x, IBM Bladecenter dan IBM Storage System, yang khusus dirancang untuk kebutuhan badan pemerintahan. Solusi-solusi tersebut adalah ProMise, e-Office, Filenet, dan Intelligent Contact Centre.

ProMise (Procurement Management System) solution merupakan aplikasi berbasis web yang membuat proses pengadaan lebih efektif, efisien dan transparan.
e-Office adalah system manajemen proses kerja yang khusus dibuat untuk manajemen dokumen surat menyurat dalam organisasi.
IBM Filenet adalah software pertama menyediakan konten terintegrasi, proses dan compliance environment yang menawarkan fleksibilitas maksimal dalam operasionalnya, mempercepat implementasi aplikasi dan total biaya operasi dan menyederhanakan infrastruktur teknologi informasi.
Intelligent Contact Centre adalah kombinasi dari Customer Relationship Management (CRM) dan teknologi multimedia yang dapat menyediakan segala bentuk layanan baik internal maupun eksternal selama 24 jam non-stop.

Satu contoh badan pemerintahan yang telah merasakan manfaat dari solusi TI pemerintahan dari IBM adalah Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Salah satu solusi yang telah digunakan oleh Badan Pemerintah ini adalah IBM Filenet untuk Content Management dan IBM Webspehere Portal untuk Enterprise Portal mereka yang digunakan untuk sistem akuntabilitas kepresidenan sehingga dapat memaksimalkan pelayanan kepada presiden dan masyarakat.

No Response to "Solusi TI IBM untuk Pemerintah Indonesia"

Posting Komentar

Label Cloud

Test midle sidebar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes