Recovery Data dari CD/DVD rusak


Mau share pengalaman balikin data dari CD/DVD yang rusak. Kalo ada yang bisa nambahin, bagi ilmu juga dong di sini. Kalo udah pernah ada posting kaya gini, maap aja ya...


Cara 1:
Pake Nero. Kadang2 kalo ngeburn disk ga sempurna, walaupun data udah ditulis tapi program burnernya ga nutup ato finalize disc ini. Solusinya coba masukin disc, terus jalanin Nero dan pilih Disc Information. Biasanya kalo disc belon difinalize baklan ada pilihan dari Nero untuk mem-finalize. Dulu masalah ini muncul waktu masih pake Nero 6 yang ngeburnnya suka ga sempurna, tapi sekarang sih ga pernah muncul lagi.

Cara 2:
Kalo disc-nya baret2 sampe susah dibaca. Solusinya beli cairan khusus kaya semacam pasta yang digosok ke permukaan disc untuk menutup baret.
Kalo mau murah bisa pake pasta gigi/odol yang dioleskan ke permukaan disc, lalu dibersihkan dengan tisu.

Cara 3:
Mengkopi data dari disc yang rusak sebaiknya pake program Isobuster. Software ini akan berusaha mengkopi data dari disc sekalipun disc tidak bisa dibaca. Berbeda dengan cara copy biasa di Windows yang begitu ketemu error langsung berhenti. Isobuster akan berusaha terus mengkopi data dengan cara menurunkan kecepatan baca, kalau data tetap tidak bisa dibaca Isobuster akan mengganti sector yang tidak bisa dibaca dengan 0 dan melanjutkan membaca sektor berikutnya.
Isobuster juga bisa mengkpi file yang hilang karena kegagalan burning. Sekali waktu saya pernah diminta tolong recovery data penting dari CD. CD-nya bisa dibaca dan filenya juga ada tapi filenya ga bisa dikopi padahal CD ga baret.
Coba dibaca dengan Isobuster ternyata ada kegagalan burn, di CD ternyata ada 3 session. Session 2 dan 3 filenya ga bisa dikopi tapi di session 1 ternyata filenya bisa dikopi.

Cara 4:
Baru nemu minggu kemaren. DVD backup data baru disimpen sebulan ternyata separo datanya ga bisa dikopi. Normalnya CD/DVD bisa bertahan 3-5 tahun sebelum mulai bermasalah, jadi ga mungkin karena usia. DVD ga baret karena memang jarang dipake. Burn yakin pasti ga salah soalnya setiap habis burn pasti dicek ulang pake Nero CD Speed dan ga ada masalah.
Curiganya DVD agak melengkung karena disimpen di tas DVD tapi pas dilihat kayanya lurus. Akhirnya dicoba DVD rusak ini saya jepit pake 2 CD lain terus ditaro dibawah tumpukan buku, siapa tahu bisa ke-press jadi lurus. Dibiarin selama beberapa hari.
Abis beberapa hari dicoba lagi dikopi datanya, ternyata berhasil walaupun kadang2 agak sedikit macet tapi semua data selamat.

Cara 5:
Ganti DVD-ROM nya. DVD writer biasanya bisa membaca lebih baik daripada DVD-ROM biasa. Merk2 tertentu juga biasanya punya kemampuan baca yang lebih bagus.
Penilaian di bawah ini subjektif yah soalnya ini pendapat pribadi;
Pioneer write paling bagus tapi readnya payah.
LiteOn dan BenQ kemampuan readnya bagus dan writenya juga lumayan bagus. Saya pake BenQ...
Samsung standar dan cepet rusak.
AOpen bacanya payah.
Plextor paling bagus kayanya tapi harganya mahal jadi belon pernah nyoba.

Cara 6:
Untuk DVD film bisa pake cara yang berbeda.
Pake software VideoReDo untuk memotong2 film di DVD, ambil bagian yang bagus dan buang bagian yang rusak.
Contoh, film bisa jalan sampe menit ke 30 terus rusak sampe menit 32. Pake software VideoReDo untuk memotong film dari menit pertama sampe menit 30 lalu potong lagi dari menit 32 sampe tamat. Kalo pake software lain biasanya DVD harus diconvert dulu ke MPEG2 baru bisa dipotong, masalahnya dalam proses konversi biasanya macet di bagian yang rusak.
VideoReDo lebih praktis karena bisa motong langsung tanpa harus dikonversi dulu ke MPEG2. Kelemahannya, subtitle hilang, yang bisa dikopi cuma film aja.

Segitu dulu deh, semoga bisa membantu.

Sumber Kaskus

1 Response to "Recovery Data dari CD/DVD rusak"

ade sumantri mengatakan...

thanks infox alhamdulillah udah bisa cuma masih lemot bgt, tau caranya biar lebih cepat g? soalnya kapasitasnya besar, ukuran DVD.

Posting Komentar

Label Cloud

Test midle sidebar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes